/* Start http://www.cursors-4u.com */ body, a:hover {cursor: url(http://cur.cursors-4u.net/cursors/cur-9/cur847.ani), url(http://cur.cursors-4u.net/cursors/cur-9/cur847.png), progress !important;} /* End http://www.cursors-4u.com */
Kamis, 13 September 2012

Definisi dan Karakteristik Anak Berbakat

Oke, kali ini abdi mau ngpost tentang definisi dan karakteristik anak berbakat nih.
Eh, sebelumnya, apa kalian tau anak berbakat itu seperti apa?
hahaha gatau yaa? yaa orang berbakat itu seperti abdi tau ga hehe *EGP
oh yaa, mau tau apakah kalian termasuk anak berbakat atau bukan? kalo termasuk yaa bagus, tapi kalo gamasuk ayo berusaha buat jadi anak berbakat, semangat!

nih, silahkan :)))


Karakteristik dan Definisi Anak Berbakat

Definisi

·         Versi Amerika : Anak berbakat adalah mereka yang menunjukan secara konsisten penampilan luar biasa, hebat dalam suatu bidang yang berfaedah. (Kirk dan Gallagher dalam Henry, 1978:61)
·         Publik Law / Kongres Amerika 1981 (Gifted and talented) ialah Anak yang menunjukkan/penampilan yang tinggi dalam bidang-bidang, akademik khusus dan yang memerlukan pelayanan-pelayanan atau aktivitas- secara aktivitas yang tidak biasa disediakan oleh sekolah agar tiap kemampuan berkembang penuh.
·         Clark (1983.26) Keberbakatan adalah
suatu konsep yang berakar biologis, suatu nama dari intelegensia taraf tinggi sebagai hasil dari integrasi yang maju cepat dari fungsi-fungsi dalam otak, meliputi pengindraan (physical sensing), emosi, kognisi,dan intuisi.

Fungsi yang maju dan cepat tersebut mungkin diexpresikan dalam bentuk kemampuan-kemampuan yang melibatkan kognisi, kreatifitas, kecakapan akademis, kepemimpinan, seni rupa dan pertunjukan.

·         Prancoya Gagne adalah sebagai berikut :
a.      Giftedness, berhubungan dengan kecakapan yang secara jelas berada diatas rata-rata dalam satu atau lebih bidang (Domains) bakat manusia.
b.      Talented, berhubungan dengan penampilan (Performance) yang secara jelas berbeda diatas rata-rata dalam satu atau lebih bidang aktivitas manusia.

·         Anak berbakat adalah mereka orang-orang yang mampu yang memiliki prestasi tinggi karena memiliki kemampuan yang luar biasa. Mereka menonjol secara konsisten dalam satu atau beberapa bidang, meliputi bidang intelektual umum, bidang kreatifitas, bidang seni/kinetik,bidang psikolosial/kepemimpinan. (Utami Mahdar 1995:41)

·         Implikasi dari rumusan diatas, Keberbakatan adalah
a.      Bakat merupakan potensi yang memungkinkan seseorang berpartisifasi tinggi,
b.      Terdapat perbedaan antara bakat sebagai potensi yang belum terwujud dengan bakat yang sudah terwujud dan nyata dalam prestasi unggul,
c.       Terdapat keragaman dalam bakat,
d.      Ada kecendrungan bahwa bakat hanya akan muncul dalam satu bidang saja,
e.      Perlunya layanan khusus bagi mereka diluar jangkauan biasa

·         UUSPN no. 2  1989, anak berbakat adalah anak yang memiliki kemampuan unggul dari anak rata-rata/normal baik dalam kemampuan intelektual maupun non intelektual sehingga mereka memerlukan pelayanan khusus.


Karakteristik anak berbakat

v  Karakteristik akademik
·         Zaenal Alimin 1996 dalam roe, karakteristik bakat akademik antara lain
a.      Memiliki ketekunan dan rasa ingin tahu yang besar
b.      Keranjingan membaca
·         Mulyono Abdurahman dalam Kitano dan kirbi 1986 mengemukakan : Karakteristik bakat akademik adalah
a.      Memiliki perhatian yang lama terhadap suatu bidang akademik khusus
b.      Memiliki Pemahaman yang sangat maju tentang konsep,metode, dan terminology dari bidang akademik khusus
c.       Mampu mengaplikasikan teori dan konsep yang dimilikinya kedalam bidang lain
d.      Kesediaan mencurahkan perhatian untuk mencapai standar yang lebih tinggi;
1.      Memiliki sifat yang kompetitif yang tinggi
2.      Mampu Belajar dengan cepat dalam suatu bidang tertentu

v  Karakteristik Sosial/Emosional
a.Ciri anak berbakat bidang social:
1. Diterima oleh mayoritas teman sebaya
2. Keterlibatan dalam bidang social
3. Menjadi Juru pemisah dalam pertengkaran
4. Memiliki kepercayaan tentang kesamaan derajat semua orang dan jujur
5. Tidak depensif dan tenggang rasa
6. Bebas dari tekanan emosi dan mampu mengontrol emosi
7. Mampu mempertahankan hubungan abadi dengan teman
8. Mampu merangsang prilkau produktif bagi orang lain
9. Kapasitas tinggi untuk menanggulangi situasi social, dengan cerdas dan penuh humor

v  Karakteristik fisik dan kesehatan
·         Terman dalam Samuel Kirk 1986:
1. Memiliki penampilan yang menarik dan rapi
2. Kesehatan berada lebih baik dari yang lain.
·         Renzuli dalam Sisk 1987 sbb:
1.      Kemampuan jauh di atas rata rata
2.      Kreatifitas tiinggi
3.      Tanggung jawab dan pengikatan diri terhadap tugas
Contoh ciri ini anak berusia  10 tahun mampu melakukan gerak sama dengan anak usia 13 tahun


ayooo ayoo, kalian termasuk kedalam karakteristik anak berbakat gak tuh? kalo engga, yaa semangat, lakuin dari hal yang kecil, buang sampah pada tempatnya aja itu udah termasuk anak berbakat kok hehe Ayo Semangat!! :)

0 komentar:

Poskan Komentar

 
; X-Steel - Wait